Pembenaran & Lahir Baru

jr-banner-indo

Khotbah Seri “Pembenaran & Lahir Baru”

  1. Perkara Dosa Manusia
  2. Dapatkah Manusia Benar Dihadapan Tuhan?
  3. Pembenaran
  4. Kelahiran Kembali, Lahir Baru
  5. Perubahan & Sifat Kristen Sejati

» Unduh

Synopsis
Buku ini menjabarkan tentang dua mujizat terbesar utama dalam Injil dan iman Kristen, mujizat yang tak terpisahkan, dimana mereka yang mati menjadi hidup kembali. Mujizat pertama adalah Pembenaran, yaitu orang berdosa yang dihukum, dibenarkan di mata Seorang Hakim yang sempurna. Mujizat kedua adalah Lahir Baru, dimana yang dulunya membenci Tuhan dan membenci kebaikan, berubah menjadi mengasihi Tuhan dan mengasihi segala apa yang baik dan benar. Terlepas dari pentingnya kedua hal ini, kebingungan masih terjadi, bahkan di antara umat Kristen, tentang apa sebenarnya arti makna kedua hal tersebut.

Dalam Buku Pembenaran dan Lahir Baru ini, Charles Leiter menerangkan secara Alkitabiah dengan jelas mengenai sifat dan karakteristik Pembenaran dan Lahir Baru, juga menjelaskan pemahaman Alkitabiah dari masing-masing aspek yaitu; dari segi persamaan, perbedaan, kesalahan, kebenaran.

Pembaca akan lebih memahami apa sebenarnya yang menjadi dasar iman sebagai umat kristen tanpa melihat sebagai “kristen KTP” dan apa yang menjadi tujuan akhir yang ingin diraih oleh setiap umat kristen. Pastor Charles mulai mengupas dengan hal yang sering kita hadapi, yaitu dosa sebagai masalah terbesar manusia.

Dosalah yang membuat Pembenaran dan Lahir Baru menjadi tragis. Apakah maksudnya Alkitab berkata umat kristen harus “mati bagi dosa?”, jika saya sudah mati bagi dosa, mengapa saya masih merasakan dampaknya? Apakah yang Alkitab maksud bahwa umat kristen harus “mati bagi hukum Taurat?” Apakah umat kristen masih menjadi “hamba dosa?”

Buku ini merangkai bab singkat, tiap-tiap bab menggambarkan penjelasan Alkitabiah akan Mujizat besar tentang Lahir Baru, bahwa “setiap penjelasan menggambarkan kemuliaan yang sama dari sudut yang berbeda, namun juga menerangi berbagai sisi yang berbeda.” Berikut adalah daftar dari deskripsi: Ciptaan baru; Manusia baru; Hati yang baru; Kelahiran Baru; Sifat yang baru serta Kematian dan Kebangkitan Kristus.

Charles menjelaskan bahwa Pembenaran membawa kepada lima perubahan yang berbeda yaitu: daging kepada Roh; Duniawi kepada Surgawi; Dosa kepada Kebenaran; Hukum Taurat kepada Kasih karunia; Adam kepada Kristus. Dalam bab akhir, ia memandang Pembenaran dan Lahir Baru dalam konteks Alkitabiah yang lebih luas, ia menjabarkan Taurat dan Kasih karunia lebih dalam lagi, bahkan ia melihat apa artinya “di dalam Kristus.”

Di akhir bab adalah penjelasan serangkaian lampiran yang berguna, yang merangkum arti kebenaran Lahir Baru, menjawab akan perkataan yang cukup sulit yaitu “tidak dapat berbuat dosa”, ia menjelaskan Roma 7 dan menjawab beberapa kontroversi dan beberapa pertanyaan yang sering diajukan.

Charles Leiter telah membawa pengertian kebenaran Alkitabiah dan perubahan besar dalam hidup melalui pengajaran ini.

Buku ini akan menjadi penuntun bagi hamba Tuhan, pelayan gereja, guru agama, mahasiwa teologi dan PAK, serta setiap keluarga kristen sehingga memiliki karakter yang serupa dengan Kristus.